Minggu, 13 November 2016

Cara menginstal sistem informasi pada komputer dengan aplikasi database Slims7 Cendana

Tidak ada komentar:
LAPORAN PRAKTIKUM 6 CMS SENAYAN Mata Kuliah: Sistem Informasi Manajemen Dosen Pembimbing : Arwan Nur Ramadhan, S.Pd.,M.Pd. Tahun Pelajaran 2016/2017 A. KOMPETENSI Mahasiswa mampu dan terampil menginstal sistem informasi pada komputer dengan aplikasi database Slims7 Cendana B. SUB KOMPETENSI 1. Mahasiswa mampu dan terampil menginstalasi aplikasi XAMPP versi 1.7.7 pada Sistem Operasi Windows. 2. Mahasiswa mampu dan terampil mengkonfigurasi sistem informasi Slims Repository 3. Mahasiswa mampu mengolah database dengan aplikasi Slims Repository C. ALAT DAN BAHAN 1. Aplikasi XAMPP versi 1.7.7 2. Aplikasi Arsip 3. Perangkat Personal Computer (PC) atau Laptop 4. Slims Repository D. PROSEDUR KESELAMATAN KERJA 1. Gunakan Wearpack atau pakaian praktik khusus yang digunakan di laboratorium komputer. 2. Gunakan sepatu untuk menghindari sengatan arus listrik dari panel kontak listrik. 3. Letakkan barang yang tidak digunakan pada tempat yang telah disediakan agar tidak menganggu pelaksanaan praktik 4. Letakkan meja, kursi, komputer, monitor, panel kontak listrik pada posisi yang aman sebelum memulai praktikum. 5. Aturlah posisi tempat duduk dan pastikan telah aman untuk memulai praktikum. 6. Tidak makan dan minum saat praktikum. E. LANGKAH KERJA 1. Menyimpan aplikasi Slims Cendana di htdocs 2. Hasil penyimpanan di htdocs 3. Mengganti nama file menjadi “Library” 4. Menjalankan xampp control untuk mengaktifkan Slims Cendana 5. Menjalankan Apache dan MySql pada xampp control 6. Masuk ke alamat browser localhost/phpmyadmin dan membuat database baru di Basisdata dengan nama”Library” 7. Masuk tab baru dengan mengetik alamat “localhost/library” hingga muncul tampilan sebagai berikut, lalu klik Let’s Start the Instalation 8. Mengisikan identitas data dengan benar seperti pada gambar di bawah 9. Setelah selesai, klik OK, Start the SLIMS 10. Muncul tampilan halaman utama sebagai berikut, lalu klik log in di pojok kanan atas 11. Log in sebagai admin 12. Klik menu System untuk mengatur profil perusahaan pada database 13. Mengisikan identitas instansi dan mengatur template, lalu save 14. Hasil pengaturan dapat dilihat di OPAC seperti pada gambar 15. Tampilan utama setelah diatur 16. Mengganti informasi kontak sesuai dengan profil website pada menu system 17. Membuat buku dengan memasukkan judul dan pengarang pada menu Bibliografi, simpan (Gambar 1.1) (Gambar 1.2) (Gambar 1.3) 18. Membuat username sebagai anggota pada menu keanggotaan 19. Log in sebagai anggota 20. Tampilan masuk sebagai anggota 21. Membuat username sebagai pustakawan pada menu System dan submenu Pustakawan & Pengguna sistem, kemudian mengisi data yang dibutuhkan dan simpan (Gambar 2.1) (Gambar 2.2) 22. Daftar user sebagai pustakawan (Gambar 3.1) (Gambar 3.2) 23. Membuat username sebagai staff pustakawan seperti cara di atas, namun pilih Staf Pustakawan pada Tipe Keanggotaan 24. Tampilan masuk sebagai Pustakawan 25. Tampilan sebagai pustakawan 26. Meminjam buku dengan mengetik judul buku pada pencarian di beranda depan. Jika daftar buku ada maka akan muncul tampilan seperti pada gambar, kemudian centang “tandai ini” lalu klik “taruh pilihan pada keranjang”. 27. Selanjutnya klik ”reservasi ditambahkan di dalam keranjang” 28. Tampilan setelah berhasil memasukkan pilihan ke dalam keranjang sebagai berikut 29. Masuk ke pustakawan kemudian pilih menu Sirkulasi lalu ketik ID anggotadanklik “Mulai Transaksi” 30. Hasil peminjaman buku seperti tampilan pada gambar F. KESIMPULAN Berdasarkan langkah kerja di atas, dapat disimpulkan bahwa apabila menggunakan aplikasi Slims7 Cendana diketahui perbedaan CMS (Contain Management System) dengan website biasa ialah kita dapat mengubah Senayan System atau nama instansi yang diinginkan. Selain itu, website ini bermanfaat untuk mengelola peminjaman buku dan mengarsip daftar koleksi buku secara digital. -Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan Formulir Komentar

 
back to top