Jumat, 26 Januari 2018

Tips menghadapi Dosen Pembimbing / Dosen Pembimbing Tugas Akhir Fakultas Ekonomi UNY 2017

Tidak ada komentar:
Assalamu'alaykum wr wb..
Alhamdulillah masih bisa membuka internet ya kawan.. Semoga kabar kalian baik dan bahagia. Aamiin

Hari ini saya mau memberi sedikit gambaran dosen pembimbing di fakultas ekonomi UNY. Langsung saja chek it out..
Seperti yg kita tau kawan, semua manusia memiki karakter yang berbeda-beda, begitu pula dengan dosen. Saya akan bercerita tentang bagaimana cara menghadapi dosen pembimbing agar tidak dipersulit TA/skripsinya. Begini:
1. Tidak semua dosen itu senang bila dichat/ditelepon oleh mahasiswanya hanya untuk menanyakan kesediaan bimbingan, jadi pahamilah atau tanyakan pada kakak tingkat kalian bagaimana cara berkomunikasi dg dosbing tsb. Karena rata-rata agar dianggap sopan, mahasiswa terlebih dahulu chat untuk menarik simpati/kesan yg baik. Dulu dosen saya tidak mau membalas pesan dari mahasiswanya, paling hanya 1 atau 2 mahasiswa saja. Tapi ada juga yang bisa bimbingan dengan janjian dulu lewat chat/telepon
2. Saat bertemu dosen gunakanlah pakaian sopan dan tampilan wajah yang murah senyum. Berjabat tangan jika sesama perempuan atau sesama laki2.
3. Jangan sampai kita bimbingan tapi tidak tau isi atau materi yang akan dibimbing, jadi sedikit demi sedikit pelajarilah.
4. Saat bimbingan, jangan sampai kita dikira sebagai mahasiswa yg "ngeyel" kita nurut saja apa kata dosbing, selagi itu selaras kita akuilah jika memang kita keliru, jangan samoai kita ngotot ini ini saja, karena bagaimanapun dosen adalah dosen yang harus kita penuhi keinginannya selama itu bisa dibuktikan dan rasional.
4. Sebelum bimbingan bacalah TA atau skripsi kita saat masih di laptop/belum diprint. Koreksi kata yang mungkin belum baku atau tanda bacanya kurang tepat, sesuaikanlah dengan pedoman fakultas, jika berbeda dengan dosbing, tanyalah kakak tingkat yang se dosbing dengan kalian.
5. Tidak usah terlalu terlihat malu dan takut. Karena bisa saja kalian malah akan didown oleh dosbing, akan dipancing utk menjelaskan ke mana mana. Hingga kalian pusing sendiri. Santailah, tp tetap serius yaa :)
6. Setiap usai bimbingan sampaikanlah terima kasih kalian utk dosbing..
7. Yang ini nih : jangan ulangi kesalahan penulisan berkali-kali contoh penulisan angka di Abad itu menggunakan huruf romawi, tapi kalian menulisnya tetap huruf alfabet terus. Telitilah naskahnya, dosen sangat tidak menyukai kesalahan yg dilakukan berulang-ulang, karena merasa tidak dihiraukan.. Hmm..
8. Setiap dosbing itu moodnya beda ada yg murah senyum, tapi sulit, ada yg jutek galak tapi malah cepat disuruh ganti ke Bab selanjutnya, jadi siapkan mental untuk menjalani bersama kawanmu yg mungkin "hlaa kok dia cepat sekali" :D
..

Mungkin itu dulu yaa kawan besok lanjut nomor selanjutnya yg lebih spesifik.. Baterai hape low hihi, kalau ada yg mau tanya tentang dosen Fakultas Ekonomi UNY, bisa tanya langsung --> DM instagram @windajlans

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan Formulir Komentar

 
back to top